Kemitraan Penangkar Bibit dengan Produsen Badan Buah dan Industri Pengolahan Jamur

Kemitraan Penangkar Bibit dengan Produsen Badan Buah dan Industri Pengolahan Jamur

Pada pengusahaan bibit jamur yang telah lebih berkembang, pola kemitraan dapat diperluas lagi sehingga jaringan pemasaran bibit pun ikut meluas. Sebagai contoh, pengembangan usaha kemitraan tidak hanya dengan pemelihara baglog (pembudidaya) skala rumah tangga, tetapi bisa juga dengan usaha pengolahan produk jamur. Seperti diketahui, produk badan buah segar tidak dapat bertahan lama sehingga volume produksi badan buah yang cukup besar harus diolah menjadi bentuk sampingan/produk olahan, misalnya keripik jamur. Dengan demikian, tidak ada hasil produksi yang terbuang. Dalam model kemitraan yang sudah lebih kompleks ini, peran usaha pembibitan menjadi sangat penting bagi kelangsungan usaha budidaya maupun usaha pengolahan produk jamur. Apabila dirangkaikan, melalui metode kemitraan, kegiatan usaha jamur tiram bisa berlangsung mulai dari hulu sampai ke hilir, tetapi dibagi-bagi menjadi beberapa usaha yang kegiatannya saling terkait, yaitu usaha pembibitan, usaha budidaya, dan usaha pengolahan produk jamur.

Untuk menunjang usaha pembibitan yang terkait dengan jaringan usaha yang lebih luas seperti ini tentu diperlukan berbagai macam fasilitas, misalnya melalui seminar atau pelatihan gratis mengenai teknik pembuatan bibit hingga teknik pembudidayaannya. Hal ini tidak lain untuk memberi percontohan mengenai bibit yang berkualitas dan sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan bibit yang dihasilkan kepada konsumen bibit. Selain itu, fasilitas seminar dan pelatihan gratis ini juga dimaksudkan agar para pengguna bibit memiliki pengetahuan tambahan sehingga terhindar dari kegagalan produksi. Melalui sistem ini, secara otomatis permintaan bibit pun akan berkelanjutan sehingga akan menjamin keberlangsungan usaha pembibitan yang dilakukan.

Hubungan usaha pembibitan dengan usaha budidaya dan usaha pengolahan jamur

(ss)

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *