Jenis Tanaman yang Populer ditanam di Pekarangan

Jenis Tanaman yang Populer ditanam di Pekarangan

Cabai (Capsicum sp.)

Cabai merupakan salah satu komoditas sayuran yang sangat popular. Karena dalam masakan Indonesia, cabai digunakan sebagai penyedap rasa.  Tanaman cabai bisa ditanam di berbagai ketinggian, mulai daratan  rendah hingga dataran tinggi, tergantung jenis aau varietasnya.  Untuk itu, saat membeli benih cabai, perhatikan kemasannya.  Biasanya pada kemasan tersebut tercantum ketinggian tempat cocok untuk penanaman benih cabai yang dipilih.  Cabai dibedakan menjadi cabai besar (Capsicum annum)  dan cabai kecil (Capsicum Frustences).  Cabai besar mempunyai jenis yang cukup banyak, antara lain cabai merah Cirebon dan cabai keriting.  Sementara itu, yang termasuk cabai kecil adalah cabe rawit.

 

Terung (Solanum melongena)

Terung termasuk tanaman tahunan yang berumur sekitar 3-4 bulan.  Tanaman terung dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik pada daerah tropis. Tanaman ini dapat ditanam di polybag/pot atau ditanam langsung di tanah.  Sebelum di tanam, sebaiknya benih terung disemai terlebih dahulu agar pertumbuhannya maksimal.  Sayuran buah ini sangat kayak gizi dan memiliki rasa yang enak jika diolah dengan benar.  Ada beberapa jenis terung, antara lain terung ini (Bogor) yang bentuknya bulat berwarna hijau.  Umumnya dimakan sebagai lalapan.


Mentimun (Cucumis Sativus)

Mentimun adalahsalah satu sayuran tropika terpenting.  Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik pada kondisi lingkungan dataran rendah.  Karena termasuk tanaman merambat, sebaiknya mentimun diberi ajir atau tiang rambatan saat penanaman.  Tanaman ini termasuk mudah tumbuh dan rajin berbuah jika dipelihara dengan baik.   Buahnya sering dimanfaatkan sebagai lalapan dan bahan pembuatan acar.

Tomat (Solanum lycopersicum)

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari oleh masyarakat.  Cita rasa yang khas dapat menambah kelezatan berbagai makanan.  Tanaman ini memiliki ciri buah berwarna hijau hinga merah, batang tegak hingga merayap, bunga menyerbuk sendiri, dan daun berbulu.  Buah tomat adalah buah buni berdaging.  Tanaman tomat cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi tergantung varietasnya.   Tanaman tomat sangat menarik jika ditanam di pot atau polybag karena termasuk tanaman yang rajin berbuah.

Bayam (Amaranthus sp.)

Tanaman bayam sangat mudah tumbuh dan cocok bagi mereka yang baru belajar menanam .  Tanaman bayam tumbuh mulai dari daerah dataran rendah sampai dataran tinggi.  Terdapat tiga jenis varietas bayam yang sering ditanam petani, yaitu Amaranthus bicolor, A. dubius dan A. cruentus.  Jenis bayam yang dianjurkan ditanam di dataran rendah adalah Amaranthus bicolor, A. dubius,  sedangkan         A. cruentus cocok ditanam di dataran tinggi. Amaranthus bicolor tergolong sebagai bayam cabut, A. dubius  adalah jenis bayam petik, dan A. cruentus dapat dijadikan bayam cabut atau bayam petik.  Berdasarkan warnanya, ada bayam merah atau hijau.

Kangkung (Ipomoe sp.)

Tanaman kangkong mudah tumbuh.  Kangkung cocok ditanam di semua tempat, mulai dataran tinggi hingga dataran rendah.  Ada dua tipe kangkong yang biasa dibudidayakan, yaitu kangkong darat dan kangkung air.  Kangkung darat memiliki ciri, diantaranya daun sempit, bunga putih dan batang berwarna hijau.  Adapaun kangkong air mempunyai ciri berupa daun lebar; berbentuk mata anak panah, bunga berwarna merah jambu, dan batang berwarna putih.

Caisin (Brassica campestris L-Spp)

Caisin adalah sayuran yang memiliki ciri batang Panjang dan tegap, daun berwarna hijau yang lebar, pipih, halus, tidak berbulu dan tidak berkrop.  Caisin membutuhkan tanah yang subur, gembur dan kaya bahan organic. Tanaman ini dapat dibudidayakan mulai dataran tinggi sampai dataran rendah.

Pakcoy (Brassica chinensis)

Pakcoy adalah sayuran yang masih sekeluarga dengan Brassicaceae.  Sayuran pakcoy ini masih satu golongan dengan sawi dan sering sekali disebut dengan berbagai nama seperti sawi sendok, sawi manis, atau sawi daging karena memiliki pangkal sayur yang tebal dan lembut seperti halnya daging.  Sayuran ini biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan.

Selada (Lactuca sativa L.)

Tanaman selada merupakan tanaman setahun yang tumbuh di dataran tinggi.  Terdapat dua jenis selada berdasarkan warna daunnya, yaitu warna hijau, putih atau merah. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai lalap, penghias hidangan (garnish), dan untuk ‘salad’.

Seledri (Apium graveolens L.)

Seledri dapat tumbuh baik di daerah datarang tinggi dan rendah.  Selama ini sudah sering terdengar jika tanaman yang daunnya berbentuk roset ini ternyata mempunyai khasiat obat selain sebagai bumbu penyedap masakan.  Seledri juga dapat digunakan sebagai hiasan (garnis) pada hidangan.  Tanaman yang mempunyai daun seperti daun paku keriting kecil ini biasanya dikonsumsi mentah atau stelah dimasak.

Bawang Daun

Jenis bawang daun berbeda dengan bawang merah dan bawang putih karena yang dimanfaatkan adalah daun dan batangnya, bukan umbinya. Rasa dan aromanya khas sehingga membuat sayuran ini banyak digunakan sebagai penyedap masakan.  Bawang daun tumbuh baik di dataran rendah muapun tinggi.  Bawang daun diperbanyak melalui biji ataupun tunas anakan.  Tanaman ini tampil menarik jika ditanam didalam pto atau polybag, apalagi diletakan di teras rumah.

 

Kemangi (Ocimun canum)

Kemangi termasuk tanaman sayur yang lebih banyak digunakan sebagai lalap.   Namun ada juga yang menggunakannya sebagai penyedap sayur tertentu dan pepes ikan.  Kemangi memiliki aroma harum dan khas.  Tanaman kemangi cocok ditanam di polybag atau pot dan mudah tumbuh dengan lebat.  Sebelum ditanam, sebaiknya biji kemangi disemai terlebih dahulu.

Bawang Merah (Allium ascanicum) dan Bawang putih (Allium sativum)

Tanaman bawang merah atau bawang putih termasuk mudah tumbuh sehingga bisa ditanam di lahan atau pot/polybag.  Bawang merah dan bawang putih biasanya digunakan sebagai penyedap masakan.  Bawang merah biasanya diperbanyak dengan umbi kecil bibit.  Umbi bibit merupakan umbi kecil yang pertumbuhan sengaja dihentikan sebelum tanaman tua.  Bawang putih ditanam dengan siungnya

(rhp/tqd)

 

Sebelumnya : Jenis Sayuran yang di Tanam

Selengkapnya : Bertanam Sayuran di Pekarangan

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *