Jenis Sayuran yang Ditanam

Jenis Sayuran yang Ditanam

Biasanya tanaman sayur yang sering dijumpai di pekarangan adalah jenis yang mudah ditanam dan perawatannya relative tidak terlalu sulit. Beberapa jenis sayuran yang banyak ditanam di pekarangan antara lain kangkong, bayam, sawi selada, tomat dan cabai.

Sayuran Berdasarkan Bagian yang Dimanfaatkan

Sayuran yang ditanam bertujuan untuk diambil daun, buah, umbi, atau bunganya.  Untuk itu, tanaman sayuran dapat dibedakan berdasarkan bagian yang banyak dimanfaatkan, yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi dan sayuran bunga.

1. Sayuran Daun

Sayuran daun merupakan tanaman sayur yang diambil bagian daun dan batangnya untuk dimakan langsung, dimasak atau dijadikan lalapan.  Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah utnuk hiasan sekaligus keperluan dapur.  Yang termasuk dalam golongan ini antara lain  kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri dan sawi.

Lokasi: P3JT Daqu Agrotechno, Ciloto, Cipanas, Puncak, Jawa Barat. Foto: Dok. Daqu Agrotechno

2. Sayuran Buah

Disebut sayuran buah karena tanaman ini ditanam utnuk diambil buahnya.  Jenis sayuran yang termasuk dalam kelompok ini antara lain terung, tomat, cabai, labu siam, mentimun, pare dan buncis.   Buah dari sayuran tersebut biasanya dapat dikonsumsi  langsung atau dimasak dan ditumis, sebagai lalapan, atau campuran sambal.

3. Sayuran Bunga

Pada kelompok ini yang diambil untuk disayur atau dimakan adalah bunganya.  Yang termasuk sayuran bunga antara lain bunga turi dan bunga kol.

4. Sayuran Umbi

Kentang, wortel, lobak, bit, bawang merah, bawang putih adalah beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok sayuran umbi.  Disebut demikian karena bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah umbinya.

Semoga bermanfaat 🙂

(rhp / tqd)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *