Jenis-jenis Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi komoditas ekspor yang bernilai ekonomi tinggi. Hal ini sudah disampaikan pada pembahasan sebelumnya. Nama ilmiah jamur tiram adalah Pleurotus sp., dengan sebutan lain oyster mushroom karena bentuk badan buahnya mirip cangkang tiram. Jamur tiram termasuk dalam kelompok Basidiomycetes yaitu kelompok jamur putih yang ditandai dengan tumbuhnya miselium berwarna putih memucat pada sekujur media tanam. Miselum ini akan tumbuh menjadi badan buah apabila mendapatkan induksi cahaya dan pemberian aerasi serta kelembapan yang cukup.

Bentuk badan buah jamur tiram sangat tergantung pada tempat tumbuhnya. Badan buah sering tidak bertangkai atau bertangkai pendek yang letaknya asimetri (seperti kerang) apabila tumbuh di sisi samping substrat. Jamur tiram termasuk jenis jamur perombak kayu yang dapat tumbuh pada berbagai media seperti serbuk gergaji, jerami, sekam, limbah kapas, limbah daun teh, klobot jagung, ampas tebu, limbah kertas, dan limbah pertanian maupun industri yang lain yang mengandung bahan lignoselulosa. Berita baiknya, bahan-bahan tersebut ketersediaannya sangat melimpah di Indonesia sehingga dapat dijadikan sebagai media tanam, mulai dari pembibitan hingga budidayanya.

Berdasarkan warna badan buahnya, terdapat beberapa jenis jamur tiram, yaitu

Jamur Tiram Merah (P. flabellatus)

pink-oyster2-1038x576

 

Jamur Tiram Putih (P. ostreatus)

6292777193_0e8d29547d_b

 

Jamur Tiram Kuning (Pleurotus sp.)

tiram-kuning

 

Jamur Tiram Biru Keabu-abuan (P. populinus)

pleurotus-populinus-1-steve-trudell

 

Jamur Tiram Biru Tua (Pleurotus sp.)

biru-tua

 

Jamur Tiram Cokelat (P. cystidiosus)

cokelat

 

Jamur Tiram Kelabu (P. sajor-caju)

sajor

 

King Oyster (P. eryngii)

king-oyster

 

P. cornucopiae

cornuc

 

P. sapidus

sapidus

 

P. pulmonarius

pulmon

 

P. florida

florida

Jamur tiram yang paling sering dibudidayakan di Indonesia adalah jamur tiram putih. Demikianlah jenis-jenis jamur tiram berdasarkan warna badan buahnya. Apakah Anda sudah dapat mengenali dan memahami ciri masing-masing jenis jamur ? (rm)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *