Ingin Memiliki Tanaman Pisang dengan Tandan Besar dan Buah Lebat?

Ingin Memiliki Tanaman Pisang dengan Tandan Besar dan Buah Lebat?

Siapa yang tidak mengenal pisang?

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai buah dengan nama latin Musa Paradisiaca. Selain harganya murah dan rasanya yang lezat, kandungan gizi buah ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebut saja kalium. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung tinggi kalsium. Satu sumber menyebutkan bahwa kandungan kalium pada 100 g pisang adalah 358 mg, sumber lain menyebutkan 422 mg kalium/100 g pisang. Dengan kandungan kalium yang tinggi ini menyebabkan buah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan khususnya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).

maxresdefault

Penderita hipertensi mengalami ketidakseimbangan elektrolit dimana kandungan natrium di dalam tubuh berlebih, keberadaan kalium -yang berasal dari pisang- yang diserap tubuh ini akan meminimalisasi ketidakseimbangan elektrolit ini. Pisang tidak hanya bermanfaat untuk penderita hipertensi, pisang juga dapat dikonsumsi oleh “orang sehat” setiap harinya. Waktu yang paling baik untuk mengonsumsi pisang adalah di pagi hari.

banana-dogs

Melihat begitu besar manfaat buah pisang bagi kehidupan khususnya manusia, maka supply pisang untuk konsumsi diperlukan dalam jumlah tidak sedikit. Namun, ada beberapa kendala yang bisa menurunkan produksi pisang di antaranya tanaman pisang hanya berbuah sekali lalu mati. Oleh karena itu, perlu perawatan khusus agar tanaman yang berbuah satu kali ini menghasilkan tandanan buah yang besar dan jumlah pisang yang banyak.

Seperti dikutip dari Kabar Tani, tanaman pisang dapat hidup subur di daerah tropis, dengan cuaca panas dan kelembapan udara tinggi terutama di dataran rendah. Kelemahan menanam tanaman pisang adalah memerlukan waktu yang lama untuk pisang dapat berbuah, selain itu tanaman pisang juga hanya bisa sekali berbuah.

banana-trees-289022372

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang disajikan untuk menghasilkan tanaman pisang yang subur dengan tandan buah yang besar dan jumlah buah yang banyak.

Pemilihan Bibit Pisang

Cara memilih dan ciri bibit pisang yang bermutu adalah:

  • Pilih bibit yang sudah dewasa karena bibit pisang yang sudah dewasa memiliki bakal bunga dan cadangan makanan pada bonggolnya.
  • Pilih bibit dari indukan yang sehat dan subur.
  • Tinggi bibit antara 1-1,5 m dengan diameter 15-20 cm.
  • Pilih bibit yang memiliki daun lancip dan helai daunnya sempit.

Media dan Cara Tanam

  • Usahakan menanam pisang pada tanah yang memliki kandungan hara yang tinggi serta memiliki kandungan kapur. Jika lahan yang akan ditanami kurang subur, bisa ditambahkan kompos ataupun pupuk organik seperti pupuk kandang.
  • Jangan menanam pisang pada daerah dengan genangan air.
  • Menanam pisang sebaiknya dilakukan saat menjelang musim hujan.
  • Berikan pupuk kandang atau kompos pada lubang tanam.
  • Jarak tanam 2 x 2 m.

Perawatan dan Pemupukan

  • Berikan pupuk kimia seperti KCl, urea, super fosfat, dan kapur sebagai sumber kalsium utama tanaman pisang, pemupukan dilakukan 2 kali dalam 1 tahun.
  • Lakukan penyiangan rumput. Hal ini bisa dilakukan dengan mencangkul dangkal di area sekitar tanaman agar sekaligus menggemburkan tanah, dengan catatan pencangkulan jangan terlalu dalam agar tidak merusak akar tanaman pisang.
  • Secara berkala lakukan pemotongan tunas, sisakan 1-2 tunas saja pada setiap rumpun tanaman agar kualitas tanaman bagus.
  • Pangkas daun yang mulai mengering.

Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan agar tanaman pisang memiliki tandan yang besar dan buah yang lebat.

Semoga bermanfaat. (rm)

*Beberapa informasi diambil dari Kabar Tani.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *