Greenhouse untuk Hidroponik

Greenhouse untuk Hidroponik

Sejauh mana persiapan Anda untuk melakukan budidaya tanaman secara hidroponik ? Apakah Anda sudah menentukan lokasi yang tepat untuk dijadikan tempat budidaya hidroponik ?

Di dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai kriteria-kriteria ideal yang harus dimiliki lokasi yang akan dijadikan tempat budidaya tanaman secara hidroponik. Apabila Anda belum sempat membacanya, let’s check this out yaa..

Seperti yang tercantum dalam pembahasan sebelumnya, ada beberapa poin penting yang dijadikan persiapan awal yang harus dipertimbangkan saat akan memulai budidaya tanaman secara hidroponik. Poin pertama adalah pemilihan lokasi. Poin kedua yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah greenhouse. Greenhouse (rumah kaca) pada mulanya terdapat di Belanda. Mengapa keberadaan greenhouse sangat diperlukan di negara kincir angin tersebut ? Berdasarkan letak geografisnya, Belanda memiliki empat musim yaitu semi, panas, gugur, dan dingin. Tanaman sukar hidup pada musim-musim tertentu seperti musim dingin dan salju. Oleh karena itu diperlukan tempat berlindung untuk tanaman yang umumnya berupa greenhouse. Selain itu, di rumah kaca ini juga dibuat lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman di antaranya kebutuhan sinar matahari, kelembapan dan suhu. Itulah beberapa alasan yang menyebabkan keberadaan greenhouse sangat diperlukan di Belanda.

Dewasa ini, greenhouse pun terdapat di Indonesia, keberadaannya tidak terlalu vital seperti halnya di Belanda. Seperti kita tahu pada dasarnya iklim di Indonesia sudah cocok untuk berbagai jenis tanaman. Namun tidak dapat dipungkiri, ada beberapa faktor luar yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman seperti angin kencang, hujan deras, terik matahari, atau kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, terkadang keberadaan greenhouse pun menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Greenhouse, dalam hal ini, memiliki beberapa fungsi di antaranya sebagai tempat untuk mengoptimalkan perawatan khususnya tanaman hidroponik yang memerlukan perawatan khusus, selain itu untuk mengurangi serangan hama dan penyakit karena segala sesuatu yang berada di dalam greenhouse diusahakan steril.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuat greenhouse, di antaranya:

  1. ditempatkan di tempat terbuka;
  2. mempunyai sirkulasi;
  3. dapat mengurangi intensitas cahaya matahari;
  4. dapat mengurangi air; dan
  5. steril.

Greenhouse dapat diperinci menjadi kerangka, dinding, atap, dan lantai. Bahan untuk membuat kerangka greenhouse dapat berupa kayu atau besi. Tentunya greenhouse yang terbuat dari besi akan tahan lama dibandingkan daripada greenhouse yang terbuat dari kayu.

Demikianlah pembahasan mengenai greenhouse yang dapat kami ulas dalam artikel ini. Masih ada beberapa poin persiapan awal (yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan budidaya tanaman secara hidroponik) yang akan kita bahas dalam artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat (: (rm)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *