Faktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan Badan Buah

Faktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan Badan Buah

Badan buah jamur merupakan bagian jamur yang dipanen sebagai bahan makanan. Pembentukan dan perkembangan badan buah ditentukan oleh banyak faktor. Semua faktor yang memengaruhi pertumbuhan miselium, mulai dari faktor genetik, media tanam, dan faktor-faktor ekologis (lingkungan) umumnya akan berpengaruh pada pembentukan badan buah. Namun, faktor kunci untuk perkembangan badan buah lebih difokuskan pada faktor-faktor ekologis yang berhubungan dengan suhu media tanam dan suhu udara, komposisi udara dalam media tanam dan udara, kelembapan media tanam dan udara, serta faktor cahaya (intensitas, komposisi, dan waktu pencahayaan).

Intensitas cahaya dan udara merupakan faktor penting yang dapat menginisiasi pembentukan dan perkembangan primordia badan buah. Peningkatan jumlah primordia jamur selaras dengan peningkatan intensitas cahaya. Badan buah jamur tiram dapat tumbuh normal (tudung berkembang maksimal dan tangkai pendek) dengan penyinaran 12 jam per hari (2.500-3.000 lux). Pada kondisi cahaya yang sangat kurang dan ventilasi yang tidak baik, kandungan gas CO2 hanya 1-2%. Hal ini membuat primordia rusak dan badan buah menjadi kerdil atau bahkan tidak berkembang.

Manfaat Perombakan Bahan Lignoselulosa oleh Jamur Tiram

Jamur tiram dapat tumbuh pada bahan yang mengandung karbohidrat serta mampu mengonversi berbagai sisa tanaman limbah pertanian menjadi bahan makanan berprotein dan bernilai tinggi. Oleh karena itu, sisa media tanam jamur bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Hal ini disebabkan selama ditumbuhi jamur, media tanam tersebut telah terdekomposisi sehingga berubah menjadi kompos. Sisa media tanam jamur tiram juga kaya asam amino, vitamin, serta produk biologis lain yang bermanfaat sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai pakan untuk ternak. (ss)

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *