Ciri Tanaman Pepaya Unggul

Ciri Tanaman Pepaya Unggul

 

  1. Akar

Akar tanaman pepaya berupa akar tunggang yang tumbuh lurus ke dalam tanah.  Akar tunggang ini menjadi akar utama tanaman.  Dari sekujur akar tunggang muncul akar serabut yang tumbuh ke arah samping.  Akar yang sehat berwarna putih bersih dan tumbuh dengan maksimal.

  1. Batang

Tanaman pepaya memiliki batang tunggal berbentuk bulat yang umumnya tidak bercabang.  Batang berupa batang semu (tidak berkayu).  Permukaan luar batang berwarna keabu-abuan dan bagian dalam batang berwarna putih.

Batang  tumbuh tegak lurus hingga mencapai tinggi 2-10 meter (tergantung pada jenisnya).  Permukaan batang dipenuhi bekas putusnya tangkai daun yang lama-kelamaan membentuk ruas pada batang, seiring pertumbuhan tanaman.

  1. Daun

Berbentuk tunggal menjari.  Daun muda berwarna hijau muda dan daun tua berwarna hijau tua.  Daun memiliki tangkai berbentuk bulat berukuran panjang dan berongga.  Tangkai daun muncul dari batang tanaman.  Bagian luar tangkai daun berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna putih.

  1. Bunga

Dilihat dari jenis bunganya, tanaman pepaya dapat dibedakan menjadi tiga, yaiut tanaman berbunga jantan, tanaman berbungan betina, dan tanaman berbunga sempurna (hermaprodit).

Bunga pepaya muncul di bagian atas (sekitar pucuk) tanaman dari bagian batang tanaman. Bunga memiliki mahlota berwarna kuning pucat (putih kekuningan) dengan tangkai berukuran kecil.  Bagian atas bunga runcing serta memiliki kelopak di bagian tengah.  Bunga jantan pada tanaman jantan tumbuh di tangkai panjang.

  1. Buah

Bentuk pepaya dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis bunganya.  Tanaman berbunga jantan hanya akan menghasilkan buah berukuran kecil-kecil (buah tidak tumbuh sempurna) yang bergerombol.  Bisa juga bunga jantan hanya akan tetap menjadi bunga dan tidak berubah menjadi buah.

Tanaman pepaya berbunga betina akan menghasilkan buah berukuran normal sesuai jenis tanamannya, tetapi memiliki bentuk bulat. Di perkebunan, buah berbentuk bulat dianggap sebagai buah afkir karena kurang disukai pasar.

Tanaman berbunga sempurna akan menghasilkan buah berbentuk lonjong dan berukuran normal, sesuai dengan jenis tanaman pepaya yang ditanam.  Buah pepaya berbentuk lojong merupakan buah pepaya yang termasuk digemari pasar.

Secara umum, buah pepaya memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan ukuran variasi sesuai jenisnya.  Saat muda, kulit berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning setelah buah matang,  Bagian dalambuah berisi daging buah dan ratusan biji buah.  Daging buah berwarna putih saat muda dan berubah menjadi kuning atau oranye kemerahan setelah buah matang.

  1. Biji

Biji tanaman pepaya memiliki bentuk bulat hingga lonjong berukuran kecil.  Warnanya cokelat hingga kehitaman dengan permukaan bergerigi.  Biji terlindungi oleh selaput tipis berisi cairan.  (WG).

 

Sumber          : Buku “Menghasilkan Pepaya California Berkualitas”

Penulis           : Wisnu Gunawan (Pemilik CV Agro Kates Mandiri)

 

Artikel Sebelumnya                : Jenis-jenis Pepaya Unggul

Artikel Selengkapnya            : Menghasilkan Pepaya California Berkualitas

 

 

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *