Cara Mudah Menyemai Benih Unggul

Cara Mudah Menyemai Benih Unggul

1. Menyiapkan Benih

Benih sayur yang akan ditanam harus berkualitas.  Hal ini penting karena akan berpengaruh pada hasil panen yang akan diperoleh.  Benih yang asalan bisa jadi tidak akan tumbuh saat ditanam.  Kalaupun tumbuh, tidak akan maksimal.

Benih sayuran yang akan ditanam di pekarangan bisa dibuat sendiri.  Artinya, bisa memanfaatkan sayuran yang ada di dapur.  Sebagai contoh, mengambil biji tomat atau cabai yang ada di dapur.  Biji tomat atau cabai yang sudah dikeluarkan dari buahnya, cuci bersih, lalu keringkan.  Biji yang telah dikeringkan tersebut dapat dijadikan benih.  Namun demikian, cara ini kurang disarankan karena kualitas benihnya tidak bisa diandalkan. Daya kecambahnya bisa jadi sangat rendah.   Kalaupun tumbuh, bisa jadi tanaman tidak bisa berproduksi maksimal.

Bagi hobiis atau siapapun yang ingin bertanam sayur di rumah, tidak perlu repot lagi menyiapkan benih sayuran.  Saat ini benih sayuran sudah banyak tersedia di pasaran sehingga cukup  mudah diperoleh.  Harganya terjangkau dan kualitasnya pun terjamin karena berasal dari produsen benih terpercaya.  Benih tersebut memiliki daya kecambah minimal 80%.  Artinya, yang tumbuh dari benih yang ditanam minimal 80%.

Selain membeli langsung di toko-toko pertanian atau toko sarana pertanian,  saat ini juga sudah tersedia lewat  online .  Dengan demikian, pembeli cukup memesan lewan  online, benih akan dikirim ke rumah.  Namun demikian, dalam membeli benih, perhatikan kemasannya. Pastikan benih yang dipilih sesuai dengan daerah tempat tinggal, terutama mengenai ketinggian lokasi.  Artinya jika lokasi rumah berada di dataran rendah, sebaiknya memilih benih sayuran yang cocok ditanam di daerah dataran rendah.

2. Memilih Wadah Tanam

Persemaian dapat dilakukan pada lahan (bedengan) atau wadah khusus, seperti nampan (tray), polibag atau pot.  Mangkok plastik, polibag, kaleng bekas cat, atau wadah lain yang tidak terpakai dengan kedalaman dangkal, tetapi lebar juga dapat digunakan.  Untuk lahan sempit, penggunaan wadah khusus seperti tray  semai lebih memungkinkan.  Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan wadah semai adalah bagian dasar wadah harus diberi lubang secukupnya untuk kelancaran sirkulasi air.

3. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam penyemaian biasanya terdiri atas tanah, pasir atau sekam bakar dan pupuk kandangatau kompos.  Sebaiknya digunakan tanah lapisan atas ( top soil ) sebagai media tanamnya. Adapun pupuk kandang untuk penyemaian yang sudah matang dan steril ditandai dengan warna pupuk yang hitam pekat.  Jika tidak ada pupuk kandang, dapat menggantinya dengan kompos.  Kompos yang digunakan sebaiknya telah lapuk sempurna dengan ciri adanya perubahan warna dari bahan bentuknya (hitam kecoklatan), tidak berbau, memiliki kadar air yang rendah, dan mudah digenggam tangan.  Wadah semai diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir atau sekam bakar, dan  pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

4. Menebar Benih

Sehari sebelum penebaran, basahi media tanam.  Selanjutnya, sebarkan benih atau biji di atas media tanam.   Atur letak benih agar tidak terlalu berdekatan atau menumpuk, lalu tutup media tanam tipis-tipis.  Setelah itu, siram benih menggunakan gembor halus.  Jika ditanam di tray khusus penyemaian, sebaiknya setiap kotak cukup diisi 1-2 biji.

Letakan wadah persemaian di tempat yang teduh atau tidak mendapat sinar matahari langsung.  Usahakan juga agar wadah persemaian terhindar dari gangguan hewan pengganggu atau guyuran hujan. (rhp/tqd).

Kami Daqu Agrotechno, juga menjual berbagai bibit unggul siap sebar. Mulai dari sayuran, buah-buahan , bunga dan tersedia berbagai jenis benih unggul berkualitas.

Toko Kami : http://toko.daquagrotechno.org/

Toko Online : https://www.tokopedia.com/benih-jawara

Untuk pemesanan juga bisa langsung melalui CS Kami :

Jalan Kresna Raya No. 56, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat  16153

Telp/SMS/WA: 0822-9889-1144

Pengiriman Via JNE

 

Artikel Sebelumnya : Menyemai Benih Sayur (Klik Selengkapnya )

Artikel Selanjutnya : Cara Mudah Menyemai Dalam Tray (Klik Selengkapnya)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *