Cara Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Bercocok tanam di pekarangan rumah saat ini bisa disebut sebagai trend tersendiri. Tidak sedikit orang yang memiliki hobi bercocok tanam. Barangkali Anda adalah salah seorang di antaranya. Anda dan penggiat bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah ini dapat memanfaatkan areal tanah di sekitar rumah seoptimal mungkin. Lahan yang terbatas tidak menjadi kendala untuk mewujudkan hal ini. Tinggal bagaimana Anda “mengakali” alias pintar mengatur posisinya.

Kelebihan utama yang dirasakan apabila melakukan cara menanam sayuran di pekarangan rumah adalah Anda akan lebih rajin merawatnya karena tanaman Anda selalu terlihat di mata Anda. Tentunya Anda akan risih apabila terlihat tanaman yang tidak terurus. Namun kekurangannya adalah rumah Anda akan sedikit terlihat semak apabila Anda kurang pintar mengatur posisinya.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa cara menanam sayuran di pekarangan rumah, seperti yang kami kutip dari belajarberkebun.

1. Dengan Cara Menciptakan Kebun Vertikal

FVZ4VCTFW5GYH2M.LARGE_-750x1000

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang sekarang sedang sangat nge-trend adalah dengan membuat kebun vertikal. Anda bisa membuat rak dengan kayu dengan cara menyusunnya ke atas, bahkan dengan barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti rak sepatu Anda. Anda juga perlu memperhatikan tinggi dari kebun vertikal Anda agar tidak kesulitan dalam merawatnya. Selain itu, ketinggian dari kebun vertikal Anda juga memengaruhi cahaya matahari yang diterima. Semakin Anda kreatif, semakin banyak pula cara yang akan Anda buat.

2. Dengan Cara Menggunakan Polybag

Cara Menanam Sayuran Di Polybag

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan polybag. Cara ini sudah lebih dahulu banyak digunakan apabila dibandingkan dengan cara yang pertama. Caranya juga sangat mudah, tidak berbeda dengan cara menanam sayuran pada lahan biasanya. Anda bisa menyesuaikan ukuran polybag sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menanam berbagai macam sayuran di pekarangan rumah Anda dengan polybag, kelebihan lainnya adalah Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kemauan Anda.

3. Dengan Menggunakan Ember

cara-menanam-sayur-di-pekarangan-rumah

Apabila Anda memiliki baskom ataupun ember cat yang sudah tidak terpakai, mengapa tidak menggunakannya sebagai tempat menanam sayuran pada pekarangan rumah Anda? Pilihlah warna ember yang menarik, kalau perlu cat ember dengan warna yang serasi dengan pekarangan rumah.

4. Menanam di Dinding Rumah dan Pagar

Dinding-Tanaman-Peneduh-Rumah

Cara menanam sayuran di pekarangan rumah yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan dinding rumah atau pagar Anda. Anda hanya perlu menanam sayuran pada botol bekas atau wadah lainnya kemudian menempelkannya pada dinding rumah Anda. Cukup sederhana bukan?

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menanam sayuran di pekarangan rumah, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menanamnya, yaitu:

  1. Perhatikan agar tanaman Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup karena sinar matahari sangat penting untuk pertumbuhan sayuran Anda.
  2. Lakukan penyiraman. Apalagi jika pada musim kemarau, penyiraman sangat penting Anda lakukan untuk menjaga kelembaban tanaman sayuran Anda.
  3. Ada beberapa sayuran yang memang membutuhkan pupuk. Pupuk yang Anda berikan sebaiknya pupuk organik agar lebih sehat.

Setelah Anda mengetahu kiat-kiat bertanam sayuran di pekarangan rumah, sepertinya sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda niat Anda untuk menanam sayuran di pekarangan rumah. Aktivitas ini juga akan membantu Anda berhemat uang belanja, bahkan bisa menghasilkan karena hasilnya bisa dijual ke tetangga (:

Anda sudah siap untuk bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah namun belum memiliki benih untuk ditanam?

Kami menyediakan berbagai jenis benih sayuran untuk Anda, cek Toko Tani Online Daqu Agrotechno berikut. (rm)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *