Cara Menanam Oyong Hingga Panen

Oyong dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi (pegunungan).  Syarat tumbuh tanaman adalah tanahnya cukup mengandung air tetapi tidak menggenang, iklim harus kering dan pH tanah antara 6-7 walaupun tahan hujan.

Cara Tanam

Oyong dikembangbiakkan dengan biji.  Tanah yang akan ditanami biasanya tidak perlu dicangkul, cukup dibuat tanam ukuran 25 cm dan dalamnya 20 cm.  Akan tetapi, pada lahan yang banyak rumput atau gulma dan alang-alang perlu dicangkul.

Jarak antarlubang tanam 50-60 cm dan antarbaris lubang 200 cm.  Setiap lubang diisi pupuk kandang atau kompos matang sebanyak satu kilogram.  Setiap lubang ditanami 2-3 biji oyong, lalu tutup dengan tanah tipis-tipis sekitar 5 cm.  Biji akan tumbuh setelah tujuh hari kemudian.

Para-para setinggi 1,5 – 2 m dibuat jika tinggi tanaman mencapai 50 cm, sehingga tanaman dapat dirambatkan.  Setelah berumur 2-4 minggu,  biasanya tanaman mulai berbunga betina yang dapat menjadi buah.  Pemberian pupuk buatan jarang dilakukan.  Meskipun demikian,sebaiknya diberikan pupuk buatan berupa Urea, TSP dan KCI dnegan perbandingan 1 : 2 : 2 sebanyak 20 g tiap tanaman.

Pemeliharaan Tanaman

Memelihara tanaman oyong dilakukan dengan cara memangkas dan mengurangi daunnya jika tanaman terlalu gemuk.  Hama yang perlu diberantas ialah oteng-oteng (Epilachna sp.) yang sering merusak daun dan bunga oyong.  Pemangkasan dilakukan pada ujung tanaman.

Pemanenan

Buah oyong pertama kali dapat  dipanen setelah tanaman berumur 1,5 – 2 bulan sejak tanam.  Tanaman yang terawat baik sehat dapat menghasilkan 1,5 kg buah setiap pohon.  Keterlambatan dalam memanen buah akan menyebabkan buah berserat hingga rasanya tidak enak.  Produksi oyong saat ini masih terbatas untuk konsumen lokal.  (HS/FAN).

Sumber : Buku “Bertanam Sayuran Buah 20 Sayuran Komersial”

Penulis  : Hendro Sunarjono dan Febriani Ai Nurrohmah

 

Artikel Sebelumnya         : Manfaat Oyong 

Artikel Selengkapnya      : Bertanam Sayuran Buah

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *