Bisnis Jamur yang Menjanjikan

Dewasa ini, bisnis jamur termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan. Tidak sedikit orang yang melirik bisnis ini. Berawal dari bisnis budidaya jamur, kini berkembang pula bisnis bibit jamur. Dulu pengusaha hanya tertarik untuk bisnis budidaya jamur, namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan kini banyak juga orang yang memulai bisnis jamur mulai dari pembibitan. Hal ini memiliki alasan karena sifat bibit jamur yang berdaya simpan pendek dan perlu kondisi khusus, selain itu bibit jamur tidak dijual oleh toko-toko sarana dan produksi pertanian. Umumnya, orang membeli bibit di pengusaha jamur sukses dengan ketentuan khusus atau di UPTD milik pemerintah. Ketersediaannya terbatas sedangkan kebutuhannya banyak sehingga bisnis bibit jamur pun dianggap menjadi peluang yang menjanjikan. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis ini ?

Nah.. Sebelum memulai bisnis budidaya jamur maupun bibit jamur, alangkah lebih baik apabila Anda mengenal terlebih dahulu segala sesuatu hal yang berkaitan dengan jamur. Dalam artikel ini, kami akan memaparkan sekilas mengenai jenis-jenis jamur.

Jamur konsumsi atau sering dikenal dengan istilah mushroom merupakan bahan makanan sumber protein yang saat ini cukup digemari masyarakat. Mengapa tidak ? Karena selain rasanya yang enak, jamur juga mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh. Dalam skala industri atau semi-industri terdapat kurang lebih 10 macam jamur konsumsi yang sering dibudidayakan. Berdasarkan urutannya, tercatat ada lima jenis jamur konsumsi yang paling banyak dibudidayakan, yaitu

Jamur Kancing (Agaricus bisporus)

1211696690796

 

Jamur Shiitake (Lentinus edodes)

shiitake_mushroom

 

Jamur Enokitake (Flammulina velutipes)

flammulina_velutipes_img_1038

 

Jamur Merang (Volvariella volvacea)

volvariella-volvacea

 

Jamur Tiram (Pleurotus sp.)

pleurotus_cornucopiae_yd_2

 

Dari kelima jenis jamur konsumsi yang paling banyak dibudidayakan, jamur tiram merupakan salah satu yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi komoditas ekspor yang bernilai ekonomi tinggi. Pada artikel berikutnya, insyaAllah kami akan membahas lebih lanjut mengenai potensi budidaya jamur tiram kepada Anda.

Semoga bermanfaat. (rm)

 

Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *