Beras yang Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus

Makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia adalah nasi yang berasal dari beras. Beras merupakan salah satu sumber karbohidrat utama yang dapat menghasilkan energi untuk diolah oleh tubuh menjadi tenaga untuk beraktivitas. Namun, bagi para penderita diabetes mellitus (DM), terkadang beras dianggap sebagai boomerang yang dapat memperparah kondisi tubuh apabila tingkat konsumsinya tidak dikontrol dengan baik. Karbohidrat dalam beras dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang menyebabkan tubuh penderita DM menjadi lemas karena kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Penderita DM memang harus senantiasa memperhatikan 3J yaitu jumlah makanan, jadwal makan dan jenis makanan. Makanan pada penderita DM sebaiknya diatur jumlah kalori dan pembagian porsi makanannya dalam sehari. Makanan dibagi dalam 3 porsi besar untuk makan pagi (20%), makan siang (30%), makan sore (25%) serta 2-3 porsi makanan ringan/cemilan (10-15%) di antaranya.

Orang Indonesia memang sangat sulit apabila harus menghilangkan kebiasaan makan nasi terutama nasi putih. Bahkan ada kalimat yang dianut “Yang namanya makan, ya makan nasi. Kalau belum makan nasi, itu namanya belum makan”. Nasi putih sendiri memang mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga apabila dikonsumsi terlalu banyak apalagi tidak disertai dengan olahraga yang sesuai maka kadar gula darah penderita bisa meningkat dengan cepat. Sebetulnya, nasi putih tetap bisa dikonsumsi namun porsinya harus dikurangi atau mencari beras putih dengan kandungan amilosa tinggi dibandingkan amilopektin. Beras seperti ini cenderung memiliki kadar gula yang lebih rendah namun biasanya bertekstur kasar sehingga agak kurang disukai.

Namun, alangkah lebih baik apabila konsumsi nasi putih diganti dengan sumber karbohidrat kompleks (kadar gulanya tidak terlalu tinggi) contohnya singkong, oatmeal, gandum, ubi, dan lain-lain. Apabila penderita terbiasa mengonsumsi nasi, ada alternatif pilihan nasi yang baik untuk penderita DM.

Beras Merah

Red rice in a bowl. Red background.

Beras merah merupakan pilihan beras untuk penderita diabetes yang paling banyak dicari karena beras ini memiliki kadar glikemik yang rendah dibandingkan dengan beras putih. Kadar glikemik (indeks glikemik) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau ranking pangan berdasarkan efeknya terhadap kadar glukosa darah. Apabila seseorang mengganti sepertiga porsi nasi putihnya dengan nasi merah, maka risiko terkena DM akan menurun. Beras merah ini mengandung serat yang akan memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah selain itu juga baik untuk pencernaan, eg. memperlancar BAB, menurunkan risiko kanker kolon, dan sebagainya.

Beras Singkong

img_8176anew

Beras untuk penderita DM ini merupakan terobosan baru di dunia kesehatan, namun harganya tergolong mahal. Beras ini baik juga untuk penderita jantung koroner, kolesterol dan susah buang air besar.

Beras Hitam

anthocyanin-from-black-rice-used-to-bake-diabetic-friendly-bread_strict_xxl

Beras hitam berbeda dengan beras ketan hitam. Beras ini mengandung aleuron dan antosianin yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Beras ini (per 100 g) mengandung 351 kkal energi tetapi hanya 13 g karbohidrat. Selain itu, beras ini mengandung serat yang baik untuk tubuh. Namun, budidayanya agak sulit sehingga susah dicari dan harganya juga relatif lebih mahal.

Itulah beberapa jenis beras yang dianjurkan untuk penderita DM. Namun perlu diingatkan kembali selain jadwal dan jenis makanan, penderita DM maupun keluarganya harus memperhatikan pula jumlah makanan yang dikonsumsi penderita. Selain itu, perlu diperhatikan pula aktivitas fisik dan gaya hidup sehat lainnya untuk mengontrol berat badan agar kadar gula darah tetap dapat terkontrol. Hindari gaya hidup yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah tubuh seperti merokok, minum alkohol dan sebagainya (rm).

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *