Beras Peduli untuk Masyarakat Miskin

dsc_0565

Latar Belakang

Percaya atau tidak, petani penghasil beras banyak tidak menikmatinya. Beras berkualitas mereka jual. Mereka membeli beras murah yang dikenal dengan Raskin (beras miskin)

Berdasarkan data kemiskinan yang dikeluarkan oleh BPS (2016), angka kemisikinan di Indonesia masih tinggi terutama di pedesaan. Jumlah orang miskin di pedesaan saat ini berjumlah sekitar 17 jutaan.

Penduduk miskin yang paling besar jumlahnya adalah yang bekerja pada subsektor tanaman pangan, yakni 62,97 persen dari total penduduk miskin sektor pertanian. Artinya mereka adalah petani padi.

Kebutuhan pangan masyarakat miskin di pedesaan sulit terpenuhi. Sebagai petani, mereka menghasilkan beras. Namun beras itu kemudian mereka jual dan hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka memilih beras miskin (raskin) yang harganya lebih murah. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa merasakan nikmatnya ‘nasi bagus’. Istilah ‘nasi bagus’ dimaksudkan untuk nasi yang bergizi dan menyehatkan tubuh, nasi yang berasal dari beras berkualitas baik.

Tidak sedikit masyarakat pinggiran yang terbiasa mengonsumsi nasi berkualitas rendah (eg. nasi aking, raskin). Sebatas sudah bisa mengonsumsi nasi aking pun mereka bersyukur karena ada juga keluarga yang tidak bisa mengonsumsi nasi sama sekali karena ketidakmampuan ekonomi.

Oleh karena itu Daqu Agrotechno merasa terpanggil untuk menyalurkan beras yang bermutu dan bergizi baik, sehat, serta bebas residu pestisida kepada yatim dan dhuafa di pedesaan serta korban bencana alam di Indonesia. Kami bisa memastikan bahwa beras tersebut sehat karena ditanam dan diawasi langsung di lahan pertanian Daqu Agrotechno di Sukabumi, Jawa Barat.

Tujuan

Terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat miskin (yatim dan dhuafa) di pedesaaan berupa beras berkualitas.

Output

Terkumpulnya donasi untuk pengadaan beras berkualitas yang akan disalurkan kepada masyarakat miskin di pedesaan.

Kegiatan

Kegiatan utama program Beras Peduli untuk Masyarakat Miskin adalah penggalangan dana untuk pengadaan beras berkualitas yang akan disalurkan kepaada fakir miskin di pedesaan.

Paket Donasi

Satu paket donasi berisi 5 kg beras sehat dan bebas residu pestisida senilai Rp 75.000,-* yang akan disalurkan ke satu orang penerima manfaat.

*Harga di atas sudah termasuk biaya operasional 10%

Yang Didapatkan Donatur

  • Donatur yang mengamanahkan penyaluran beras sehat kepada Daqu Agrotechno akan mendapatkan foto dokumentasi dan laporan pertanggungjawaban kegiatan penyaluran beras sehat yang kami kirim melalui email atau Whatsapp.
  • Jika memungkinkan, donatur bisa juga menjadikan kegiatan penyaluran beras ini sebagai kegiatan bakti sosial. Donatur bisa ikut terlibat menyalurkan langsung kepada yatim dan dhuafa serta mengunjungi tempat penanaman padi sehat di lahan pertanian Daqu Agrotechno di Sukabumi. Biaya operasional ditanggung sendiri, kami siap mengkoordinir dan mengumpulkan masyarakat miskin di sekitar lahan pertanian Daqu Agrotechno.

Penerima Manfaat

Beras sehat akan disalurkan ke keluarga yatim dan dhuafa yang berada di pelosok desa.

Penutup

Program beras untuk yatim dan dhuafa ini sebagai bentuk kepedulian akan kondisi masyarakat miskin Indonesia yang seringkali mendapatkan pangan berkualitas buruk. Oleh karena itu, semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang mampu menyadarkan kita untuk senantiasa peduli dan berbagi terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan. Aamiin.

Bagi Anda yang ingin menjadi Mitra Program selaku Donatur dalam Program Beras Sehat untuk Yatim dan Dhuafa di pedesaan, bisa menghubungi kami CS kami berikut.

Info Customer Service 0822-9889-1144 (SMS/Whatsapp/Telp)

Donasi Anda dapat disalurkan melalui nomor rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) 7090409101 a.n Muad Asegab dan Agus Tiwa N