Bentuk Wadah Log Media Tanam

Poin pertama yang harus diperhatikan dalam persiapan bahan baku media tanam adalah bentuk wadah log media tanam. Log media tanam yang sudah umum dikenal adalah berbentuk baglog yang menggunakan kantong plastik. Selain bentuk baglog, wadah log ada beberapa macam, yaitu berbagai bentuk tray, blok, dan tabung plastik (PVC). Kantong plastik untuk baglog dan blok hanya sekali pakai sehingga dipandang kurang ramah lingkungan. Penggunaan tray, blok kayu/PVC dan tabung PVC yang dapat digunakan berulang-ulang lebih ramah lingkungan karena mengurangi sampah plastik setelah budidaya jamur.

Log berbentuk kantong memanjang

Log berbentuk kantong memanjang

Bentuk tray terbuka harus ditempatkan di dalam ruang kumbung jamur yang sebelumnya telah disterilisasi terlebih dahulu. Sterilisasi ruang kumbung untuk pertama kali dapat menggunakan bahan-bahan disinfektan dengan teknik penyemprotan. Untuk pertumbuhan miselium pada tray, dapat ditutup dengan plastik berwarna gelap. Setelah mulai tumbuh badan buahnya, plastik dibuka. Plastik penutup dapat digunakan berulang-ulang. (ss)

Log berbentuk tray

Log berbentuk tray

Anda berminat untuk mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram? Silahkan hubungi 0822-9889-1144 untuk informasi lebih lanjut ?

 

<< Bab Sebelumnya. Bab Selanjutnya >>

Selengkapnya

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *