Apa itu Hidroponik ??

Apa itu Hidroponik ??

Istilah hidroponik (Inggris : hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang berarti daya. Hidroponik juga terkenal sebagai soilless culture atau budi daya tanaman tanpa tanah. Secara umum, hidroponik merupakan budi daya nenanam tanpa menggunakan tanah, akan tetapi dengan memanfaatkan air lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Meskipun memanfaatkan kebutuhan air, budi daya dengan system hidroponik cenderung lebih sedikit dalam menggunakan air dibanding budidaya dengan tanah. Hal tersebutlah yang menyebabkan cara tanam dengan hidroponik lebih efisien. Terlebih jika diterapkan pada daerah yang memiliki pasaokan terbatas.

Pada dasarnya, system hidroponik mengandalkan media tanam yang mampu menopang akar tanaman sekaligus menahan larutan dari unsure hara agar cukup waktu bagi tanaman untuk menyerapnya. Oleh karna itu, media tanam yang baik harus memenuhi kriteria sebagai media yang tidak mempengaruhi kandungan nutrisi, tidak menyumbat system pengairan, serta mempunyai pori-pori yang baik. Media tanam yang dimaksud antara lain rockwool, perlite, krikil, vermiculite, sekam bakar, dan lain sebagainya.

Selain media tanam yang mumpuni, melakukan tanam hidroponik juga perlu memerhatikan empat elemen penting sebagai factor penentu keberhasilan. Yakni, konsentrasi unsure hara terlarut (EC/electrical conductivity), jumlah oksigen terlarut, tingkat keasaman larutan (pH), dan cahaya matahari. Konsentrasi unsure hara (EC) optimal antara 1,5-2 untuk tanaman berumur lebih dari 1 minggu setelah sebar. Oksigen terlarut dapat dijaga menggunakan air mengalir, pemasangan aerator, atau mengganti air secara periodik. Kadar pH tanah dijaga kisaran 5,5 – 6,5. Apabila pH menurun, tambahkan air, sebab pada umumnya keadaan ini berhubungan erat dengan konsentrasi nutrisi dalam air yang meningkat.|

Bagi Anda yang ingin mengetahui hidroponik lebih dalam lagi, bisa mengikuti pelatihan hidroponik ini.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *