Agar Lebih Maju dan Produktif, Petani Perlu Inovasi Teknologi

Agar Lebih Maju dan Produktif, Petani Perlu Inovasi Teknologi

Bupati Sleman, Sri Purnomo berharap agar petani melakukan inovasi dan menambah pemahaman informasi terhadap teknologi pertanian untuk meningkatkan produk lokal serta memberikan nilai tambah.

“Tidak dipungkiri selama ini kemajuan sektor pertanian sangat ditentukan kemampuan adopsi dan inovasi teknologi masyarakat dalam budi daya pertanian dan budi daya pascapanennya,” kata Sri Purnomo pada Gelar Potensi Produk Pertanian, Perikanan dan Kehutanan UPT BP3K V Pakem Selasa (31/5/2016).

Menurut dia, pemanfaatan teknologi dan hasil penelitian akan memberikan nilai tambah dan efisiensi dalam bekerja di sektor pertanian.

“Ini merupakan langkah untuk bergerak cepat mengikuti perkembangan jaman sehingga pemanfaatan teknologi dan hasil penelitian akan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada masyarakat,” katanya.

Sri Purnomo berharap agar UPT Balai Penyuluhan, Pertanian dan Kehutanan (BP3K) Wilayah V Pakem dapat memacu dan mendukung masyarakat untuk menerapkan berbagai teknologi dan hasil penelitian di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Penyuluh hendaknya menjadi jembatan tersampaikannya informasi dan pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan hasil penelitian pertanian, perikanan dan kehutanan kepada masyarakat. Oleh karena itu para penyuluh harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan hasil penelitian terbaru,” katanya.

Ia mengatakan, banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dapat memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat dan dapat menjangkau seluruh dunia.

“Dengan adanya kegiatan ini saya mengajak masyarakat untuk terus berinovasi mengembangkan produk lokal. Untuk para penyuluh saya berharap dapat terus meningkatkan pendampingan terhadap masyarakat agar dapat meningkatkan potensi dan nilai tambah,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman Widi Sutikno mengatakan pertanian secara luas baik di bidang perikanan, peternakan, pertanian dan perkebunan di wilayah Kecamatan Pakem mempunyai potensi merata.

Sumber

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *