25 Handtraktor Siap Disalurkan

25 Handtraktor Siap Disalurkan

Kabar gembira bagi kelompok tani (Koptan) di Kabupaten Kaur. Pasalnya Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur dalam waktu dekat ini akan menyalurkan sebanyak 25 unit handtraktor bantuan Kementerian Pertanian. Bantuan traktor tangan untuk membantu petani itu sudah tiba di halaman kantor Dispertan Kaur.

“Bantuan 25 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian sudah tiba, dan siap disalurkan ke petani ,” kata Plt Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman ST melalui Kabid Prasarana Sarana Pertanian (PSP), Endy Yurizar SP, Sabtu kemarin.

Dikatakannya, bantuan ini akan disalurkan ke petani dalam waktu dekat. Namun lebih dulu akan dibentuk tim verifikasi calon kelompok tani penerima bantuan. Hal ini dilakukan dengan tujuan bantuan yang ada, bisa sampai kepada kelompok yang tepat dan memang mempunyai lahan pertanian dan persawahan. Juga diharapkan dengan adanya bantuan peralatan pertanian ini diharapkan dapat meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Kaur.

“Yang jelas syarat menerima bantuan ini harus tergabung Koptan, kelompok penerima harus punya lahan seluas 25 hektare. Lokasi lahan juga akan dilihat cocok untuk digunakan oleh mesin bantuan ini,” terangnya.

Ditambahkannya, nanti para Koptan yang mendapatkan bantuan ini, pihaknya juga akan melatih kepada petani dalam penggunaan alat pertanian tersebut agar tidak mudah rusak. Sehingga dengan adanya bantuan ini diharapkan tahun 2016 ini target 56 ribu ton padi bisa tercapai.

Pelatihan ini supaya mereka tahu, bagaimana penggunaan dan perawatan alat pertanian dengan benar, karena jangan sampai baru diberikan sudah rusak, dan juga swasembada pangan di Kaur tercapai,” jelasnya

Sumber

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *